Friday, June 24, 2011

Glukosamin : Terapi/Suplemen Makanan

Sebagian dari anda mungkin mengenal glukosamin sebagai vitamin untuk sendi. Beberapa iklan mengenai susu atau vitamin yang mengandung glukosamin juga beredar di televisi atau media lainnya. Apa fungsi sebenarnya dari glukosamin?. Glukosamin merupakan salah satu bahan dasar untuk pembentukan tulang rawan yang melindungi persendian (joint cartilage). Pada keadaan sehat dan normal, tanpa perlu meminum supplemen glukosamin pun tubuh kita tidak akan kekurangan zat tersebut. Lalu kenapa diproduksi sebagai supplemen?. Harapan yang ingin dicapai adalah untuk mencegah terjadinya penyakit degenerasi sendi atau sering dikenal sebagai osteoarthritis. Penambahan kadar glukosamin dalam tubuh diharapkan dapat meningkatkan pembentukan tulang rawan pada sendi sehingga memperlambat atau mungkin mencegah terjadinya kerusakan pada sendi. Untuk terapi, glukosamin sering digunakan oleh dokter pada pasien dengan osteoarthritis. Glukosamin diharapkan dapat mengurangi nyeri yang dialami penderita osteoarthritis dengan meningkatkan pembentukan tulang rawan sendi. Efek glukosamin sebagai terapi dikatakan dapat terlihat pada beberapa minggu sampai beberapa bulan pemakaian. Namun, tidak semua pasien osteoarthritis menunjukkan perbaikan dalam hal nyeri sendi walaupun sudah mengkonsumsi glukosamin dalam jangka lama. Beberapa studi juga mengatakan pemberian glukosamin yang digabungkan dengan pemberian chondrotin sulfat dapat meningkatkan efektifitas terapi. Beberapa negara di eropa, juga sudah mengakui glukosamin sebagai terapi pada penderita osteoarthritis. Konsumsi berlebih dari glukosamin ditengarai dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes mellitus, selain itu diharapkan berhati hati mengkonsumsi glukosamin terutama pada penderita yang memiliki alergi makanan laut.

7 komentar:

Muhammad El Zhar said...

hai brow ...

oopslolwow said...

waaaah begitu yaa... Kalo sendi nggak kenapa-napa, sementara tubuh bisa menyediakan cukup glukosamin, berarti tambahan glukosamin bakalan cuma jadi penyakit aja, gitu ya?

:D Salam kenal

danny said...

Salam kenal juga, meminum glukosamin secara berlebihan dicurigai dapat merusak sel pankreas dan meningkatkan resiko seseorang menderita kencing manis. Suplemen apapun hendaknya tidak dikonsumsi secara berlebih. terima kasih

Toko Bunga said...

Bagaimana mendeteksi tubuh kita kekurangan atau kelebihan glukosamin?

danny said...

@toko bunga: terima kasih pertanyaannya.Kadar glukosamin dalam tubuh dapat diperiksa dalam darah namun tidak umum disediakan di laboratorium pada umumnya. Kita tidak perlu khawatir mengenai apakah kita kekurangan atau kelebihan glukosamin. Pada kondisi sehat dan asupan nutrisi baik, tentunya kita juga tidak perlu mengkonsumsi glukosamin. Pada kondisi yang disebut dengan osteoarthritis, maka suplemen glukosamin disarankan karena kebutuhan glukosamin meningkat juga.

danul said...

kunjungi juga http://danewsinfo.blogspot.com/

Krzysztof said...

Very good post.

Post a Comment