Thursday, June 9, 2011

Hipertensi/Tekanan Darah Tinggi, Bisakah Disembuhkan?


Hipertensi berdasarkan penyebabnya dapat dibagi menjadi 2, yaitu hipertensi primer dan sekunder. Hipertensi primer atau essensial merupakan hipertensi yang paling banyak diderita dan penyebabnya tidak diketahui. Sedangkan hipertensi sekunder merupakan hipertensi yang terjadi karena penyakit lain misalkan gagal ginjal. Hipertensi primer merupakan kondisi yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol mulai dengan pengaturan pola makan dan gaya hidup sehat sampai dengan penggunaan obat obatan. Pada orang yang mengkonsumsi obat secara rutin dan kemudian menghentikan pemakaian obatnya, tekanan darah dapat kembali naik. Tetapi hal ini BUKAN karena obat tersebut mengakibatkan ketergantungan. Dan dalam perjalanan terapi, penting untuk memeriksa keberhasilan terapi dengan secara rutin memeriksakan tekanan darah anda ke dokter yang menangani penyakit anda sehingga terapi dapat disesuaikan (ditingkatkan atau mungkin diturunkan). Tujuan akhir terapi adalah mendapatkan tekanan darah yang normal. Tekanan darah darah normal berkisar dari 120-110/80-70 mmHg. Hal ini berlaku juga bagi orang dengan usia lanjut. Jadi, jika ada yang mengatakan bahwa tekanan darah yang agak sedikit tinggi bagi orang tua itu adalah hal yang normal, itu salah sama sekali. Tekanan darah yang tinggi meningkatkan resiko terjadinya stroke paling tinggi jika dibandingkan dengan kencing manis ataupun kolesterol yang tinggi. Jadi penting sekali mengontrol tekanan darah kita tetap normal.

6 komentar:

I_nat_Rin said...

mau memberi info tambahan.
sekarang smakin bertambah kejadian refractory hypertension,yaitu dengan pemberian 3 macam obat anti hipertensi tetap tidak ada penurunan sampai batas yang diharapkan.
ternyata sleep apnea memberi kontribusi cukup penting pada kejadian refractory hypertension ini.
lebih lengkap dapat dibuka http://hyper.ahajournals.org/cgi/content/full/51/6/1403

Doc on Duty said...

@I_nat_Rin: Thanks atas info-nya. Semoga menjadi masukan juga untuk pembaca yang lain. Sukses berkarya :)

Dila zahra said...

Darah tinggi bisakah sembuh total?

danny said...

@dila: Jika darah tingginya merupakan darah tinggi primer (bukan karena penyakit lain) yang merupakan 90% kasus yang ada, maka jawabannya tidak. Jika setelah minum obat darah tinggi menjadi normal maka itu adalah merupakan keberhasilan dari terapi yang jika obat ditiadakan akan kembali tinggi. Jika darah tinggi disebabkan oleh penyebab lain seperti penyakit ginjal atau mungkin sleep apnea seperti disebut diatas maka jika penyakit tersebut dihilangkan, darah tinggi dapat hilang.

rinda melfreeda shenaga said...

yah udah bagi yang punya darah tingggi /hipertensi nikmati saja karena hidup ini adalah anugrah yang maha kuasa...

danny said...

@rinda: diterima mungkin kata yang lebih tepat, namun tetap harus diobati dan dikontrol berkala karena darah tinggi yang tidak dikontrol dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai penyakit lain seperti stroke atau gagal ginjal. Hidup merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa jadi sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan kita. trims

Post a Comment